-->

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Cepat

Cara menghilangkan ketombe secara alami dan cepat bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan kulit kepala. Tetapi cara ini sebenarnya tidak cukup. Ketombe pada dasarnya adala sel kulit mati pada kulit kepala anda. Bentuknya bersisik dan sering membaut gatal dan rontok. Hal parah yang bisa timbul akibat ketombe adalah kerontokan rambut. Apa kalian mau?

Ketombe memang bisa menyerang dan menganggu siapa saja. Kulit kepala yang berketombe tidak identik dengan rambut yang kotor atau malas keramas. Hal lai yang bisa menyebabkan ketombe misalkan karena menggunakan produk shampoo yang tidak cocok, pemakaian kerudung, atau penataan rambut yang tidak sesuai, misalkan styling atau pewarnaan rambut.

Hingga saat ini belum ada kepastian tentang penyebab ketombe. Sebagian ahli mengatakan bahwa ketombe muncul karena jamur. Hal ini berlandaskan pengertian bahwa jamur dapat berkembang biak dengan cepat di bagian folikel rambut yang memproduksi kelenjar sebum. Jika sebum yang dihasilkan terlalu banyak dapat menimbulkan ketombe, selain itu jamur juga dapat berkembang biak pada rambut yang jarang terkena sinar matahari. Maka jangan menggunakan helm atau kerudung disaat rambut anda masih basah, karena hal ini dapat merangsang jamur untuk tumbuh dan berkembang dengan subur. Cara terbaik adalah dengan mengeringkan rambut terlebih dahulu sebelum anda menggunakan kerudung atau memakai helm.


Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Cepat

Cara Mencegah Munculnya Ketombe di Kulit Kepala

  1. Adanya ketombe dikulit kepala memang akan menyebabkan gatal. Tetapi kebiasaan menggaruk kepala justru sangat tidak baik untuk kulit kepala anda, karena akan menyebabkan kulit kepala anda menjadi terluka dan mengakibatkan iritasi kulit.
  2. Rajin keramas menggunakan shampoo anti ketombe adalah cara alternative yang paling cepat. Dengan rajin membersihkan rambut menggunakan shampoo anti ketombe diharapkan kulit kepala anda akan tetap bersih dan rambut lebih terjaga. 
  3. Jika kondisi ketombe dikepala anda semakin parah, maka jangan gunakan produk shampoo yang mengandung zat selenium sulfida, zinc pyrithione, asam sulfur atau salisilat dan zat aktif lainnya untuk mencuci rambut anda. Cobalah untuk mengguakan shampoo herbal untuk memerangi ketombe anda.

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Cepat

Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan dibawah ini untuk menghilangkan ketombe di kepala anda:

 1. Cuka Putih

Cara menggunakan cuka putih untuk menghilangkan ketombe adalah dengan mencampurnya dengan segelas air putih dan gunakan pada saat bilasan terakhir saat keramas. Cuka putih ini sudah dikenal oleh masyarakat sebagai bahan tradisional untuk menghilangkan ketombe. Cara lain yang bisa anda lakukan adalah dengan mencampurkan minyak goring dengan cuka putih. Gunakan campuran ini waktu keramas. Pijit-pijitlah kulit kepala anda hingga campuran minyak goring dan cuka putih meresap, kemudian bilas hingga bersih. Setelah itu cucilah rambut menggunakan shampoo.

2. Soda Kue

Pengunaan soda kue dapat memberikan pengaruh dalam produksi kelenjar minyak pada kulit kulit kepala dan dapat menghambat terjadinya ketombe. Cara penggunaannya pun cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan suda kue kedalam air. Takaran soda kue yag digunakan adalah secukupnya saja. Gunakan campuran ini sama halnya seperti keramas.

3. Jeruk Nipis

Jeruk nipis memang sangat banyak khasiatnya, salah satunya adalah untuk menghilangkan ketombe, hal ini telah dibuktikan dalam berbagai uji penelitian. Cara menggunakannya adalah dengan membelah buah jeruk nipis kemudian gosokkan pada kulit kepala anda. Lakukan terapi jeruk nipis ini secara rutin untuk mendapatkan kulit kepala yang bebas ketombe.

4. Garam

Garam dapur berfungsi untuk menetralisir atau mengurangi aktifitas jamur yang merupakan penyebab munculnya ketombe. Cara pemakaiannya adalah dengan mencampurkannya kedalam shampoo saat keramas.

5. Lidah Buaya

Lidah buaya juga bahan alami yang cukup ampuh dalam menghilangkan ketombe. Tanaman ini memang sudah dipercaya sejak lama akan khasiatnya untuk kesehatan rambut. Bagian lender yang pada pada daun lidah buaya dipercaya dapat menghilangkan ketombe di kulit kepala anda. Cara menggunakannya pun cukup mudah, yaitu dengan mengambil satu helai daun lidah buaya kemudian dikupas. Pada bagian yang berlendir, gosokkan pada kulit hingga merata. Ini adalah cara paling ampuh untuk menghilangkan ketombe dan sekaligus merawat rambut anda agar telihat lebih indah.

6. Minyak Almond

Cara menghilangkan ketombe secara alami dan cepat yang patut anda coba adalah dengan menggunakan minyak almond. Gunakan minyak ini setelah anda keramas. Tetapi keringkan dahulu rambut anda, kemudian balurkan 1 sendok minyak almond pada kulit kepala anda. Lalu tutupi dengan menggunakan handuk kering. Diamkan hingga 30 menit lalu bersihkan dengan menggunakan air hangat. Dalam pemakaiannya, minyak almond juga bisa anda campurkan dengan minyak zaitun.

Itulah beberapa cara menghilangkan ketombe secara alami dan cepat. Pilihlah cara yang anda rasa mudah untuk dilakukan secara rutin. Semoga informasi ini berguna untuk anda.

Baca artikel terkait di blog kami suka tampil cantik:

0 Response to "Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Cepat"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel