-->

Bagaimana Cara Mengolah Kulit Manggis untuk Obat Kesehatan?

Cara Mengolah Kulit Manggis – Khasiat dari buah manggis memang sudah diketahui oleh kebanyakan orang. Meskipun rasa dari kulit manggis ini rasanya pahit, tetapi demi untuk kesehatan banyak orang yang membuatnya menjadi jus. Antara khasiat dari kulit buah manggis ini adalah untuk menyembuhkan penyakit ringan sampai penyakit ganas seperti kanker. Selain untuk kesehatan, kulit manggis ini juga berkhasiat untuk kecantikan loh, salah satunya untuk mengatasi tanda-tanda penuaan.

Lalu bagaimana cara mengolah kulit manggis untuk obat kesehatan? Sebagian orang mungkin sudah mengetahuinya, tetapi aja juga yang belum. Kulit manggis ini bisa dibuat jus, teh herbal ataupun minuman kesehatan yang lainnya, cara membuatnya pun cukup mudah loh untuk dipraktekkan dirumah. Tetapi jika anda malas mau membuatnya sendiri karena repot, sekarang ini sudah banyak produk olahan kulit manggis yang bisa anda temukan di toko kesehatan ataupun toko online. Silahkan untuk searching google untuk membeli produk olahan tersebut.

Cara Mengolah  Kulit Manggis untuk Obat


Apa aja sih manfaat dan khasiat kulit manggis?

Nah sebelum kita beranjak untuk mengetahui cara mengolah kulit manggis, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa saja khasiat dan manfaat yang dimiliki dari sang kulit manggis ini.
  • Untuk memperkuat sistem immune. Sistem immune atau kekebalan tubuh sangatlah penting agar tubuh kita bisa tidak mudak terserang berbagai penyakit ringan seperti demam atau flu.
  • Dapat mempercepat penyembuhan luka. 
  • Untuk mengurangi kolestrol jahat dalam tubuh dan mengontrol tekanan darah. Sebenarnya selain kulit manggis, daging dari manggis itu sendiri sudah mempunyai manfaat yang saya sebutkan tadi. 
  • Mengontrol laju darah dalam pembuluh darah, hal ini sangat baik untuk kesehatan jantung loh. 
  • Untuk mencegah peradangan usus dan dapat digunakan untuk mengatasi diare. 
  • Jika anda mempunyai sakit maag, kulit manggis juga berkhasiat untuk menyembuhkan sakit maag loh, syaratnya anda harus rajin meminumnya. 
  • Untuk melawan radikal bebas. Seperti yang saya sebutkan diatas tadi yaitu bisa membuat anda terlihat awet muda. Hal ini karena kulit mengandung zat anti oksidan yang sangat bagus untuk melawan radikal bebas. 
  • Bagi wanita, juga berkhasiat untuk mengurangi rasa sakit ketika haid/menstruasi/PMS. 
  • Bisa juga untuk mencegah terjadinya penumpukan lemak, sehingga bisa membantu anda yang sedang menurunkan berat badan. 
  • Kulit manggis juga berkhasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit berat seperti kanker, diabetes, TBC, HIV, AIDS, asam urat, asma dan lain-lain. tetapi hal ini juga harus diperhatikan komposisinya.

Bagaimana Cara Mengolah Kulit Manggis untuk Obat Kesehatan?

1. Merebusnya 
Cara Mengolah  Kulit Manggis untuk Obat

Cara ini sangat mudah dan tidak ribet. Tetapi jika anda mempuyai blender , bisa juga di blender. Rebuslah kulit manggis dan kemudian diambil air rebusannya untuk diminum. Penambahan bahan-bahan pemanis juga diperbolehkan, seperti madu atau gula. Hal ini tidak akan mengurangi khasiat dari kulit manggis itu sendiri.

2. Dibuat Teh 
Cara Mengolah  Kulit Manggis untuk Obat

Sebagai daerah penghasil buah manggis, hal ini sudah dilakukan sejak jaman dahulu. Pohon manggis hanya berbauh pada musim tertentu saja, sehingga masyarakat penghasil buah manggis mencari cara agar mereka tetap bisa meminum atau memanfaatkan kulit buah manggis ketika pohon manggis tidak berbuah. Maka ditemukanlah metode pengawetan kulit buah manggis dengan cara di jemur atau dikeringkan. Cara pengeringannya adalah dengan dijemur dibawah sinar matahari, tetapi sebelumnya kulit manggis harus dipotong-potong menjadi bagian yang lebih kecil, kemudian disimpan ditempat yang kering dan bersih serta tidak lembab. Hal ini untuk mencegah tumbuhnya jamur yang bisa membahayakan untuk kesehatan.

Sedangkan cara penyajiannnya sangatlah mudah, caranya cukup diseduh dengan air panas lalu diminum ketika air kulit manggis masih hangat.

Adakah resiko keracunan akibat meminum olahan kulit manggis?

Mungkin ada beberapa orang yang menanyakan tentang hal ini. Tanda-tanda jika mengalami keracunan karena olahan kulit manggis adalah diare dan muntah-muntah. Nah untuk mencegahnya, minumlah olahan kulit manggis sedikit demi sedikit selama beberapa hari. Tujuannya adalah untuk melihat reaksi tubuh terhadap zat-zat yang dikandung dalam kulit manggis.

Atau anda juga bisa membeli olahan kulit manggis di apotik atau ditoko-toko yang menjualnya. Pilihlah produk yang tentunya sudah terdaftar di Depkes RI atau memiliki sertifikat dari badan pengawas obat dan makanan (BPOM).

Nah itulah tadi cara mengolah kulit manggis, semoga dengan cara olahan yang saya berikan ini bisa membantu anda dalam meningkatkan atau menyembuhkan penyakit anda. Terima kasih karena sudah membaca postingan ini mengenai Bagaimana Cara Mengolah Kulit Manggis untuk Obat Kesehatan? di http://kamisukacantik.blogspot.com

Jangan lupa untuk SHARE artikel ini di facebook, twitter atau google+ anda. Jumpa lagi di postingan selanjutnya ya.

Baca artikel terkait di blog kami suka tampil cantik:

0 Response to "Bagaimana Cara Mengolah Kulit Manggis untuk Obat Kesehatan?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel