-->

3 Cara Simpel Tips Kesehatan Kulit

Tips kesehatan kulit harus dilakukan secara menyeluruh untuk mendapatkan hasil terbaik. Namun cara termudahnya adalah dengan mengaplikasikan tabir surya dan pembersihan teratur untuk menjaga kesehatan kulit dan membuatnya tetap cerah hingga bertahun-tahun kemudian.

Pada dasarnya anda tidak harus melakukan perawatan kulit secara intensif terutama jika anda terlalu sibuk dan tidak ada waktu. Anda tetap bisa menjaga kesehatan kulit anda dengan menerapkan perawatan dasar yang simpel yang tentunya harus diimbangi dengan pola hidup sehat. Hal ini akan membantu memperlambat proses penuaan alami dan menghindarkan anda dari banyak masalah kulit. Berikut 3 tips kesehatan kulit yang bisa anda ikuti.

Tips Kesehatan Kulit

3 Cara Simpel Tips Kesehatan Kulit

1. Melindungi kulit dari sinar matahari

Satu yang paling penting ketika membicarakan tentang perawatan kulit yaitu menjaga kulit dari paparan sinar matahari. Terpapar sinar matahari dapat mengakibatkan kerutan, tanda penuaan, dan masalah kulit lainnya. Bahkan dapat meningkatkan resiko kanker kulit.

Maka dari itu, jangan melupakan tabir surya dengan SPF tinggi ketika bearktifitas di luar rumah. Ketika anda berenang, repetisi penggunaan tabir surya harus dilakukan berulang kali.

Selain itu, hindari sinar matahari pada pukul 10 pagi hingga pukul 2 siang. Jam-jam itu merupakan sinar UV paling kuat yang bisa merusakn kulit anda. Jika anda akan keluar rumah, gunakan pakaian yang melindungi kulit anda.

2. Jangan merokok

Tahukah anda bahwa merokok memberikan efek buruk pada kulit? Merokok dapat membuat kulit anda tampak lebih tua dan kerutan muncul lebih cepat. Selain itu, merokok juga membuat pembuluh darah menyempit yang berakibat pada sirkulasi darah terhambat. Tentu saja efeknya buruk, karena oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan kulit sulit mencapai tujuanya.

Elastin dan kolagen juga rusak akibat asap rokok. Ketika merokok, anda akan melakukan gerakan rutin yang tampak sepele namun nyatanya mempercepat munculnya kerutan di sekitar bibir dan mata.

Berhenti merokok adalah cara terbaik untuk melindungi kulit para perokok. Jika anda mengalami kesulitan, anda bisa bertanya pada dokter untuk perawatan atau cara tertentu dalam rangka berhenti merokok.

3. Merawat tubuh dengan kelembutan

Membersihkan tubuh dan mencukur secara rutin nyatanya dapat memberi pengaruh buruk jika anda tidak melakukannya dengan pelan dan lembut.

Mandi sangat disarankan menggunakan air hangat dibanding air panas dan mengakhirinya dengan air dingin agar pori menutup. Mandi lama juga tidak baik. Produk sabun yang dipilih sebaiknya lembut dan tidak mengandung banyak deterjen. Deterjen dapat menghilangkan seluruh minyak penting yang dibutuhkan kulit.

Jika anda bercukur, cukur lah dengan hati-hati. Menggunakan gel atau lotion sebelum mencukur akan memudahkan serta melindungi kulit dari tajamnya pisau. Pastikan mata pisau dajam dan bersih.

Ketika mengeringkan tubuh, jangan menggosokkan handuk. Mengeringkan tubuh sebaiknya dengan menepuk-nepuk saja. Setelah mandi, jangan lupa melembabkan tubuh dengan lotion. Gunakan lotion dengan SPF jika akan berkegiatan di luar rumah.

4. Pola makan sehat

Selain tiga hal yang sudah disebutkan di atas, menjaga asupan makanan juga berpengaruh terhadap kesehatan kulit. Mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin dan bergizi seimbang juga akan membuat kulit tetap sehat dan bersinar. Makanan yang mengandung vitamin C, E, dan kolagen akan memberikan efek yang baik pada kulit.

Sangat disarankan untuk membatasi konsumsi karbohidrat dan juga lemak jahat yang dapat mengakibatkan kolesterol, jantung koroner dan lain sebagainya. Sayuran dan buah akan memberi lebih banyak keuntungan dibandingkan makanan yang sudah diproses.

5. Hindari stres

Nyatanya, stres juga berkontribusi dalam kesehatan kulit. Ketika stres menyerang anda hingga tidak terkontrol lagi, kulit bisa menjadi sangat sensitif. Hal ini dapat menyebabkan jerawat bahkan masalah kulit lainnya. Sangat penting bagi anda untuk mampu menguasai dan mengontrol stres yang terjadi dalam diri anda.

Anda bisa mencoba melakukan hal yang disukai atau melakukan relaksasi. Beberapa orang memilih berlibur sejenak. Jika anda menyukai olahraga, mungkin anda bisa mencoba yoga atau mungkin meditasi. Hidup bahagia dan jauh dari stres termasuk salah satu dari tips kesehatan kulit.

0 Response to "3 Cara Simpel Tips Kesehatan Kulit"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel