-->

11 Cara Mudah Menghilangkan Komedo di Hidung dan Permukaan Wajah

Cara Menghilangkan Komedo di Hidung – Hai para pembaca setia blog Tips Kesehatan dan Kecantikan Alami, kembali disini dalam kesempatan untuk membahas cara menghilangkan komedo di hidung dan wajah. Setiap orang khususnya wanita pasti memiliki masalah yang hampir sama, salah satunya masalah komedo. Pada dasarnya setiap orang akan memiliki resiko untuk memiliki komedo di kulit mereka, khususnya dibagian hidung, dagu dan area wajah lainnya. Namun ada penelit ian yang menyebutkan bahwa komedo biasanya akan berkembang pada masa-masa remaja atau menginjak masa dewasa. Meski demikian berapapun umur anda, anda perlu waspada dan mengetahui apa saja cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan komedo diwajah.

Cara Menghilangkan Komedo di Hidung 

Cara Menghilangkan Komedo di Hidung
Komedo sendiri merupakan sebuah benjolan kecil yang biasanya akan terlihat seperti bintik berwarna hitam atau kuning bahkan berwarna putih. Komedo ini merupakan akibat dari hasil penyumbatan pada lahan folikel rambut karena terlalu banyak sel kulit mati, kotoran, minyak dan lemak. Umumnya komedo juga akan terlihat lebih gelap, namun gelapnya komedo ini bukan disebabkan dari adanya kotoran, melainkan karena hasil oksidasi terpaan oksigen yang menyumbat pori-pori kulit.

Selain beberapa sebab yang sudah kami jelaskan diatas, masih ada lagi faktor-faktor lain yang dapat menyebabkan timbulnya komedo di wajah, diantaranya : karena masalah hormonal, penggunaan kosmetik, perawatan kulit yang kurang tepat, sebab genetic atau karena stress. Jika wajah sudah terkenal komedo yang lebih banyak, biasanya kulit wajah akan lebih mudah ditumbuhi jerawat dan terlihat kusam. Maka dari itu untuk menghindari dari masalah kulit yang satu ini, kami sudah merangkumkan beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan komedo di hidung dan permukaan mulit. Jadi langsung saja, silahkan baca rangkuman singkat dibawah ini : 

1. Menggunakan Pore Cleansing Strips

Cara Menghilangkan Komedo di Hidung
Strip pembersih pori-pori kulit atau sering disebut dengan pore cleansing strips merupakan suatu alat yang berbentuk strips dan digunakan untuk menghilangkan komedo di kulit. Strips ini biasanya terbuat dari bahan katun dan lengket disalah satu sisinya. Cara menggunakan strips ini untuk menghilangkan komedo juga cukup mudah, yakni cukup dengan menempelkan strips tersebut di area wajah yang berkomedo misalkan hidung atau dagu, kemudian diamkan beberapa saat. Tarik strips tersebut hingga terlepas, maka komedo, kotoran dan minyak berlebih secara otomatis akan terangkat bersama dengna strip tadi. Untuk mendapatkan produk ini, anda dapat mencari dan membelinya di supermarket terdekat dengan beberapa pilihan merek.

2. Menggunakan Kayu Manis

Cara menghilangkan komedo di hidung dan permukaan kulit selanjutnya adalah menggunakan kayu manis. Kayu manis atau dalam bahasa inggris bernama cinnamon merupakan bahan alami yang sangat dipercaya mampu menghilangkann komedo dan mencegahnya datang kembali. Cara membuat ramuananya juga sangat mudah, yakni dengan mencampurkan 1 sendok makan kayu manis sengan jus lemon secukupnya. Jika di perlukan, anda juga bisa menambahkan sejumput serbuk kunyit, dan kemudian diaduk rata semua campuran tersebut. Oleskan ramuan ini di area permukaan wajah yang menjadi sarang komedo, diamkan selama 10 menit, lalu bilas menggunakan air bersih.

3. Jus Lemon

Jus lemon selain dapat digunakan untuk mengusir jerawat, ternyata dapat kita manfaatkan menjadi ramuan untuk menghilangkan komedo di hidung dan wajah. Kandungan vitamin dan nutrisi yang terdapat pada jus lemon, memiliki andil yang bagus untuk menjaga kesehatan kulit jika kita mau mengaplikasikannya. Untuk cara membuat jus lemon sendiri, anda dapat mencampurkan setengah buah lemon dengan beberapa tetes madu murni, setelah itu lanjutkan dengan menggosokkannya di permukaan kulit wajah termasuk hidung dan dagu. Diamkan beberapa saat atau kurang lebih 20 menit, setelah itu bilsa menggunakan air bersih. Lakukan perawatan ini paling tidak 2 kali dalam seminggu, anda juga dapat mengganti madu tadi menggunakan bahan alami lain seperti air mawar dan susu.

4. Baking Soda

Baking soda memang memiliki khasiat yang dapat kita manfaatkan untuk kecantikan wajah, selain dapat memutihkan kulit wajah, baking soda juga dipercaya dapat menghilangkan komedo serta menghilangkan sel kulit mati yang melekat pada kulit wajah, termasuk di area sensitive seperti dagu dan hidung. Cara memanfaatkan baking soda ini juga sangat mudah, yakni cukup dengan mencampurkan 2 sendok makan baking soda dengan sedikit air untuk dijadikan pasta. Jika sudah menjadi adonan pasta, oleskan bahan tersebut diarea yang akan dihilangkan komedonya, lakukan hal ini sembari memijat dengan lembut. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas menggunakan air hangat.

5. Menggunakan Putih Telur dan Madu

Bahan lain yang dapat anda manfaatkan untuk menghilangkan komedo di hidung dan permukaan wajah adalah dengan menggunakan putih telur yang ditambah madu. Bahan ini dapat anda gunakan sebagai bahan alami antikomedo, cara membuatnya juga sangat mudah yakni cukup dengan mencampurkan kedua bahan tersebut menjadi satu kemudian oleskan keseluruh permukaan wajah khususnya dibagian hidung dan dagu menggunakan kapas. Diamkan masker tadi beberapa saat hingga masker menjadi kering, lalu bisa menggunakan air hangat. Pengunaan masker dari bahan putih telur dan madu ini sangat bisa digunakan untuk menganggakay komedo yang menempel diwajah, untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, gunakan masker ini secara rutin minimal 2 kali dalam seminggu.

6. Bersihkan Wajah Secara Teratur 

Cara Menghilangkan Komedo di Hidung
Membersihkan wajah secara teratur adalah cara termudah untuk menghilangkan komedo di hidung dan permukaan kulit wajah. Anda dapat membersihkan kulit wajah dua kali setiap hari menggunakan air bersih dan facial foam. Namun ingat, jangan terlalu sering membersihkan wajah ini, karena jika terlalu sering dapat menghilangkan kelembapan kulit dan dapat menyebabkan kulit menjadi kering.

7. Jangan Memencet Kulit Berkomedo

Beberapa orang yang memiliki masalah komedo, biasanya akan memencet kulit wajah yang berkomedo khususnya dibagian hidung dan dagu. Memang bagian-bagian ini sangat rentan terhadap komedo, namun jangan menghilangkan komedo dengan cara memencetnya, hal ini karena dapat menyebabkan kulit menjadi meradang dan menjadi infeksi.

8. Hindari Makanan Bersantan

Salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk mengurangi komedo di area wajah adalah dengan menghindari makanan yang bersantan. Makanan bersantan, merupakan salah satu pemicu tumbuhnya komedo di area wajah. Hal ini karena santan merupakan salah satu makanan yang berminyak. Tetapi perlu anda ingat, menghindari bukan berarti anda harus tidak memakannya, anda boleh tetap memakannya namun dalam porsi yang cukup dan tidak berlebihan. 

Cara Menghilangkan Komedo Hitam

Cara Menghilangkan Komedo di Hidung

9. Retinoid Cleanser

Retinoid Cleanser merupakan pembersih wajah yang mengandung banyak sekali vitamin A yang dapat mencegah penumpukan minyak di pori-pori kulit dan mampu meningkatkan pertumbuhan kulit. Anda dapat membeli retinoid cleanser ini di toko kecantikan, apotek atau dokter kepercayaan anda.

10. Microdermabrasion

Pembersihan komedo dengan cara Microdermabrasion dapat anda lakukan di tempat spa atau di dokter kulit. Microdermabrasion dapat membersihkan secara khusus sel kulit mati penyebab komedo yang ada di permukaan kulit wajah dengan menggunakan peralatan khusus berupa sikat dan bahan-bahan kimia. Jadi jika anda ingin melakukan cara menghilangkan komedo dengan Microdermabrasion, sebaiknya anda langsung saja pergi ke tempat spa terdekat atau dokter kulit yang sudah terpercaya dan di damping orang yang berkemampuan dibidangnya.

11. Konsultasi dengan Dokter Kulit

Cara alternatit terakhir jika anda sudah tidak sabar lagi menghilangkan komedo diwajah adalah dengan konsultasi dengan dokter kulit. Dengan didampingi tenaga ahli, tentu anda akan mendapatkan perawatan yang lebih cepat, baik dengan cara facial, menggunakan obat tertentu hingga menggunakan alat canggih seperti laser.

Dengan beberapa cara diatas tentu anda harus bisa memilih cara apa yang seharusnya anda tempuh untuk menghilangkan komedo di wajah anda. Menghilangkan komedo secara tuntas dan permanen tentu saja harus dilakukan perawatan secara rutin dan berkesinambungan. Disamping itu, anda juga harus selalu memperhatikan kebersihan kulit wajah anda untuk menghindari tumbuhnya komedo dan masalah kulit wajah lainnya seperti jerawat.
Bagaimanapun, kebersihan kulit adalah hal yang paling utama. Komedo akan menjadi membandel dan susah dihilangkan jika anda mengabaikan perkara ini, terlebih lagi bagian hidung dan dagu merupakan tempat umum berkembangnya komedo. Selain kedua tempat tadi, komedo juga biasanya ada di daerah dada. Maka dengan anda membaca beberapa tips yang sudah kami rangkumkan diatas, anda dapat memiliki cara mudah menghilangkan komedo di hidung dan permukaan wajah sesuai kebutuhan.

0 Response to "11 Cara Mudah Menghilangkan Komedo di Hidung dan Permukaan Wajah"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel