-->

Hindari 9 Makanan Penyebab Jerawat Sebelum Anda Menyesal !

Makanan Penyebab Jerawat – Ada banyak sekali factor penyebab timbulnya jerawat di area wajah dan pipi. Salah satu factor yang sering disebut-sebut adalah karena factor genetic atau hormone dan karena kebersihan kulit yang kurang terjaga. Namun tahukah anda, selain kedua factor umum diatas ada factor lain yang dapat memicu timbulnya jerawat diwajah? Faktor ini adalah factor makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Beberapa orang tidak percaya jika makanan dapat menyebabkan munculnya jerawat. Namun, disini anda harus membuka mata, karena sebenarnya ada makanan yang dapat menyebabkan munculnya jerawat dan bagi anda penderita jerawat, anda harus mengurangi pengkonsumsian jenis makanan ini. Jenis makanan apakah yang dimaksud? Berikut ini blog tips kecantikan dan kesehatan alami akan coba menjelaskannya.

Namun sebelum kita menginjak pada inti pembahasan, anda perlu tahu jenis kulit apakah yang anda miliki. Apakah kulit anda termasuk dalam kategori kulit sensitive? Apakah anda memiliki alergi pada sebuah makanan? Jika iya tentu harus lebih menjaga makanan yang anda konsumsi. Menghindari bukan berarti anda tidak boleh mengkonsumsi makanan dibawah ini, anda masih tetap mengkonsumsinya tetapi ingat, jangan dalam kadar yang berlebihan. Karena pada dasarnya sesuatu yang berlebihan sangat kurang baik untuk kesehatan tubuh. Jadi langsung saja, silahkan menyimak beberapa makanan penyebab jerawat dibawah ini.

9 Makanan Penyebab Timbulnya Jerawat 

9 Makanan Penyebab Jerawat

1. Lemak

Mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung lemak adalah salah satu penyebab yang dapat memicu timbulnya jerawat di permukaan kulit. Makanan yang berlemak sangat pengaruh pada kemunculan jerawat, khususnya di area wajah. Selain itu, kebanyakan mengkonsumsi makanan berlemak dapat menyebabkan masalah gula darah. Pada saar gula darah berfluktuatif (meningkat), akan menyebabkan meningkatnya reaksi hormonal cascading sehingga produksi sebum (minyak dibagian kulit) menjadi meningkat. Dengan banyaknya produksi sebum ini secara otomatis akan menutupi pori-pori kulit dan kemudian akan menimbulkan masalah jerawat.

Selain masalah diatas, memiliki lemak berlebih di badan juga kurang baik untuk tubuh dari segi kesehatan. Hal ini karena kandungan lemak pada aliran darah juga akan banyak, sehingga oksigen dan nutrisi yang mengalir ke sel seluruh tubuh menjadi terganggu karena berjalan secara lambat dan berefek pada kurangnya suplai oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan berkurangnya oksigen akan menyebabkan tubuh anda menjadi cepat lemas, capek dan jika dihubungkan dengan jerawat akan semakin memperparah keadaan jerawat yang sudah ada dikulit.

2. Produk Susu

Makanan penyebab timbulnya jerawat selanjutnya adalah produk susu. Apakah anda sangat menyukai makanan : cokelat, es krim, keju, susu kaleng dan juga yoghurt? Jika ya, maka anda perlu berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan ini. Berhati-hati bukan berate melarang anda untuk memakannya, anda boleh memakannya namun tidak berlebihan. Ingatlah sesuatu yang berlebihan jelas tentu tidak baik untuk kesehatan anda.

Sebagian besar makanan yang mengandung susu memiliki kadar lemak tinggi yang dapat memicu timbulnya jerawat di wajah. Seperti yang sudah kami jelaskan diatas tadi, lemak dapat menyebabkan masalah gula darah yang dapat memicu meningkatnya produksi sebum dikulit.

3. Gula 

9 Makanan Penyebab Jerawat

Gula memang juga diperlukan dalam proses metabolisme tubuh. Namun jika gula di konsumsi secara berlebihan, jelas akan menimbulkan masalah yang sangat fatal, contoh masalah kesehatan dari pengkonsumsian gula berlebih misalnya diabetes. Gula juga dapat menjadi salah satu makanan penyebab jerawat, khususnya gula pasir. Hal ini karena gula dapat meningkatkan gula darah dan produksi lemak ditubuh. Seperti yang sudah kita ketahui pada makanan yang sudah disebutkan diatas tadi, lemak dapat memicu timbulnya jerawat dan membuat jerawat yang sudah ada menjadi lebih parah.

Selain itu, gula juga dapat meningkatkan kadar hormone insulin dan hormone androgen yang dapat menyebabkan kulit berminyak. Jika kulit sudah berminyak, jelas sekali bahwa kulit memiliki kandungan lemak yang sangat banyak dan menyumbat pori-pori kulit. Kulit berminyak juga merupakan sarang terbaik untuk berkembangnya jerawat. Maka dari itu, untuk menghindari hal ini anda sebaiknya mengkonsumsi gula secukupnya saja dan tidak berlebihan, karena selain bermanfaat untuk kesehatan kulit juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

4. Kafein

Kafein juga merupakan makanan penyebab jerawat yang patut anda waspadai. Contoh makanan yang mengandung kafein diantaranya : coklat, kopi, teh, minuman berenergi dan minuman bersoda. Kafein jika dikonsumsi secara berlebih dapat berakibat kurang baik untuk tubuh anda. Akibat dari pengkonsumsian kafein yang berlebih diantaranya : dapat meningkatkan kelenjar adrenalin untuk melepaskan hormone stress, sehingga tingkat stress seseorang dapat meningkat. Jika tubuh mengalami stress yang berlebih dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh dan juga kulit. 

Makanan Penyebab Jerawat dan Komedo

9 Makanan Penyebab Jerawat

5. Makanan Olahan

Indeks glisemik dan rasa asin yang berlebihan di sebuah makanan yang dikonsumsi, dapat mempengaruhi hormone dan juga gula darah. Hal ini dapat meningkatkan produksi insulin dalam tubuh dan memperparah kondisi jerawat yang sudah ada. Maka dari itu mengurangi pengkonsumsian junk food dan makanan cepat adalah solusinya untuk menjaga kulit anda bebas dari jerawat.

6. Roti dan Biji-Bijian

Roti dan biji-bijian juga merupakan makanan penyebab timbulnya jerawat yang harus anda waspadai. Makanan ini memiliki kandungan glisemik dan dapat menaikkan gula darah. Ketika gula darah sudah naik, maka produksi hormone insulin juga akan meningkat dan dapat menyebabkan jerawat. Untuk mengantisipasinya, anda bisa menggunakan beberapa makanan alternative lain yang memiliki kandungan karbohidrat yang lebih sehat, contohnya beras merah.

7. Alergi

Seperti yang sudah kami katakan diawal tadi, alergi dapat menjadi penyebab masalah jerawat di kulit. Maka dari itu, anda perlu menjaga makanan yang anda konsumsi dan kenali kulit anda alergi terhadap makanan atau minuman berbahan apa, apakah makanan dari susu, seafood atau makanan lainnya.

8. Garam 

9 Makanan Penyebab Jerawat

Mengkonsumsi garam secara berlebihan dapat menyebabkan masalah kulit yang disebut dehidrasi. Kondisi kulit yang berdehidrasi akan menjadi bengkak dan cukup sulit untuk menyembuhkannya. Seperti yang dikatakan oleh Wellman, agar jerawat pada kulit lekas hilang maka dianjurkan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin E, zat besi, kalsium dan juga kalium karena mampu menigkatkan kesehatan kulit.

9. Mie Instan

Mie instan merupakan makanan cepat saji yang memiliki banyak sekali penggemar. Mengkonsumsi mie instan ini sebenarnya sah-sah saja dan tidak dilarang. Namun perlu anda ingat jika anda penggemar mie instan, imbangilah mengkonsumsi mie instan dengan makanan jenis lain yang bervitamin dan berserat, misalnya sayur dan buah. Dalam mie instan sendiri memiliki kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi dan yang dapat memicu timbulnya jerawat. Maka dari itu jika anda tidak ingin jerawat anda semakin parah, sebaiknya anda mengurangi pengkonsumsiannya.

Itulah 9 makanan penyebab jerawat yang harus anda waspadai ketika anda mengkonsumsinya. Anda boleh mengkonsumsi makanan diatas tadi, namun dengan catatan jangan berlebihan. Karena sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik untuk kesehatan tubuh dan kulit anda.

Selain itu jangan lupa untuk selalu menjaga asupan makanan dengan makanan yang lebih bergizi dan bervitamin. Factor kebersihan kulit juga perlu anda jaga agar terhindar dari munculnya jerawat di wajah anda. Caranya cukup dengan membersihkan kulit wajah menggunakan air bersih dan facial foam 2 kali sehari. Dengan menjaga kebersihan kulit dan asupan makanan, tentu jerawat dan komedo akan enggan untuk tinggal di kulit anda. 

Terima kasih karena sudah menyempatkan waktu berkunjung dan membaca artikel 9 Makanan Penyebab Jerawat. Jangan lupa untuk selalu mengunjugi blog ini untuk mendapat info kecantikan dan kesehatan alami lainnya.

0 Response to "Hindari 9 Makanan Penyebab Jerawat Sebelum Anda Menyesal !"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel