-->

5 Cara Ampuh Mengatasi Kulit Berminyak Dengan Cepat

Cara Ampuh Mengatasi Kulit Berminyak Dengan Cepat – Apakah anda memiliki wajah yang berminyak? Wajah berminyak merupakan salah satu masalah yang biasa dihadapi dan terkadang membuat kita menjadi kurang PD karena penampilan kita menjadi kurang maksimal. Kebanyakan orang juga akan sering memperhatian kulit wajah dengan cara sering bercermin untuk memastikan serta menghilangkan minyak diwajah sesering mungkin.

Memiliki kulit berminyak adalah masalah umum yang sangat mengganggu. Kenapa? Hal ini karena kulit wajah memproduksi minyak secara berlebihan dan dapat menyebabkan banyak kotoran karena polusi menjadi melekat dikulit wajah. Selain itu kulit wajah juga menjadi sangat rentan sekali terkena jerawat yang disebabkan karena adanya penumpukan minyak dan penyumbatan pori-pori wajah, dengan begitu jerawat akan lebih muda berkembang di kulit yang berjenis ini. 

Cara Mengatasi Kulit Berminyak

5 Cara Ampuh Mengatasi Kulit Berminyak Dengan Cepat

Apa Itu Kulit Berminyak?

Kulit berminyak adalah kulit yang memiliki kelenjar lemak yang memproduksi minyak secara berlebih dan di atas ambang batas kulit normal. Ciri-ciri dari kulit berminyak adalah kulit wajah terlihat mengkilap, make up tidak tahan lama serta timbul banyak jerawat yang disebabkan kotoran yang menempel di kulit wajah.

Dengan mengetahui cara mengurangi produksi minyak di kulit, tentu saja juga akan sangat membantu dalam mencegah timbulnya jerawat. Nah maka dari itu, jika anda memiliki masalah kulit wajah berminyak disini blog Tips Kecantikan dan Kesehatan akan mencoba memberikan tips menghilangkan minyak di kulit wajah. Namun sebelum kita menginjak di pokok bahasan, alahkah baiknya jika kita terlebih dahulu mengetahui apa saja saja penyebab wajah berminyak. Sehingga jika anda sudah tahu, anda bisa berhati-hati ketika ingin melakukan sesuatu.

Penyebab Kulit Wajah Berminyak

  • Mestruasi
Munculnya kulit berminyak dapat disebabkan karena adanya siklus menstruasi. Hal ini karena seorang wanita banyak sekali memproduksi hormone sehingga ketika menjelang atau sesudah haid, kulit wajah akan cenderung memproduksi minyak yang lebih banyak. Hal ini tentu menyebabkan kotoran dengan sangat mudah menempel di kulit dan pori-pori kulit akan mudah tersumbat yang mengakibatkan munculnya jerawat. 
  • Stress
Ketika anda sedang stress, umunya kulit wajah cenderung akan memproduksi minyak yang berlebihan. Hal ini dikarenakan sikap psikis yang membuat anda lebih waspada dan menyebabkan kulit akan memproduksi korsitol lebih banyak. 
  • Kosmetik
Penggunaan kosmetik yang tidak cocok dengan kulit wajah dapat memicu timbulnya kulit berminyak. Sehingga anda perlu berhati-hati ketika menentukan jenis kosmetik yang akan digunakan, jika anda sudah terlanjur membeli, segeralah menghentikan penggunaan.
  • Cuaca
Ketika cuaca dalam kondisi yang panas, umunya kulit akan secara otomatis menyesuaikan dengan lingkungan. Biasanya kulit akan memproduksi keringat dan minyak yang lebih banyak. Maka diperlukan make up yang tidak mudah luntur dan dapat menyerap minyak.
  • Faktor Lain
Faktor lain yang dapat terjadi disini sangatlah luas, misalkan saja karena factor keturunan atau genetic. Factor pergantian musim, penguanaan obat-obatan jika anda sakit, karena factor alat kecantikan yang anda gunakan atau factor tanning.

Keuntungan Kulit Wajah Beminyak

Tidak selamanya memiliki kulit wajah berminyak adalah masalah besar. Disisi lain, memiliki kulit berminyak juga merupakan suatu berkah yang harus anda syukuri. Kenapa? Karena dengan memiliki kulit berminyak, kulit anda menjadi tidak kering. Karena perlu anda tahu, kulit yang kering adalah pemicu utama terjadinya keriput dan penuaan kulit yang lebih cepat. Disisi lain, kulit yang kering akan menyebabkan kulit menjadi tampak lebih kusam dibandingkan dengan kulit berminyak. Meskipun demikian, kulit yang memproduksi minyak berlebih juga tidak bagus, maka di perlukan cara dan perawatan khusus agar kulit anda tetap lembab dan tidak kering.

Cara Merawat Kulit Wajah Berminyak 

5 Cara Ampuh Mengatasi Kulit Berminyak Dengan Cepat
Nah untuk mendapatkan kulit wajah dengan minyak yang cukup, maka disini blog Info Kecantikan dan Kesehatan akan memberikan tips mudah merawat kulit wajah berminyak, diantaranya :
  1. Kulit wajah yang berminyak memiliki banyak sekali kotoran yang disebabkan dari kotoran udara lingkungan yang menempel di wajah dan dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat. Untuk menghindari hal ini, kulit wajah harus sering dibersihkan dengan cara mencuci kulit wajah menggunakan facial foam.
  2. Kulit wajah berminyak umumnya lebih cenderung menimbun lemak dikulit, sehingga untuk mengurangi hal ini anda harus mengurangi timbunan lemak
  3. Selain menjaga makanan untuk menurangi timbunan minyak diwajah, anda juga dapat melakukan peeling atau facial yang dapat anda lakukan sendiri menggunakan bahan-bahan alami.
  4. Cara lain yang dapat anda lakukan untuk mengurangi minyak dan lemak diwajah, anda dapat menggunakan uap air dari air mendidih. Caranya dengan memanaskan air hingga mendidih, kemudian gunakan uap air tadi untuk merelaksasikan kulit wajah anda. Ingat hanya gunakan uap airnya saja, bukan memasukkan wajah di air mendidih.
  5. Hindari makanan yang dapat memicu timbulnya minyak dan lemak dikulit. Misalnya gorengan atau makanan berminyak dan berkolesterol.

5 Bahan Alami untuk Mengatasi Kulit Berminyak Dengan Cepat 

Baca juga : Cara memutihkan kulit wajah secara alami

1. Jeruk Nipis

Tentu sebagian orang sudah tahu mengenai khasiat jeruk nipis ini yang mampu menekan produksi minyak berlebih di kulit wajah. Untuk memanfaatkan jeruk nipis ini adalah dengan menggunakannya sebagai masker. Caranya adalah : pertama ambillah 1 atau dua buah jeruk nipis dan kemudian dicuci bersih. Setelah itu potong jeruk nipis, lalu peras untuk diambil airnya kemudian diminum. Untuk kulit jeruknya, jangan dibuang dulu, Oles-oleskan pada permukaan kulit wajah dan diamkan selama 25 menit. Jika sudah cuci wajah menggunakan air hangat. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, jangan lupa lakukan cara ini seminggu satu kali.

2. Buah Apel + Madu

Pada buah apel mengandung anti lemak yang mampu mengangkat kotoran dan lemak di kulit. Cara memanfaatkan apel ini adalah dengan menyiapkan satu buah apel, kemudiang potong menjadi beberapa bagian. Blender apel hingga lembut lalu tambahkan madu sedikit. Aduk hingga merata lalu gunakan adonan ini untuk menjadi masker. Diamkan selama kira-kira 30 menit, kemudian bersihkan dan bilas menggunakan air hangat dan air dingin. Lakukan hal ini minimal seminggu sekali secara rutin untuk mendapatkan kulit wajah yang ideal.

3. Jus Nanas + Air Santan

Seperti yang kita ketahu, buah nanas tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan untuk seorang wanita karena tidak bagus untuk kesehatan rahim. Namun nanas ini dapat kita manfaatkan menjadi masker untuk mengatasi kulit wajah berminyak. Caranya adalah dengan menyiapkan jus nanas dan air santan secukupnya. Campur kedua bahan ini lalu diaduk hingga merata. Oleskan pada kulit wajah dengan menggunakan kapas, setelah itu diamkan selama 25 menit. Bilas menggunakan air hangat dan air dingin.

4. Buah Anggur

Buah anggur memiliki kandungan antiosidan yang sangat bagus untuk regerasi kulit. Selain enak untuk dikonsumsi, kita juga dapat memanfaatkan buah anggur ini untuk dijadikan masker untuk mengatasi kulit berminyak. Caranya adalah dengan memotong buah anggur secukupnya, setelah itu oleskan pada wajah secara merata. Tunggu hingga kering atau sekitar 30 menit, kemudian bilas menggunakan air dingin.

5. Kulit Semangka 

Cara Ampuh Mengatasi Kulit Berminyak
Siapa yang dapat menyangkan jika kulit semangka dapat kita gunakan untuk mengurangi minyak berlebih di wajah? Cara memanfaatkan kulit semangka ini adalah dengan dibuat masker alami, caranya adalah cukup dengan menyiapkan 1 potong kulit semangka, mentimun dan lidah buaya. Jemur kulit semangka hingga kering, lalu tumbuk atau blender hingga halus. Campurkan dengan mentimun dan lidah buaya, kemudian diblender. Aduk hingga rata, lalu oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit. Bilas menggunakan air dingan atau air hangat.
Sangat mudah bukan untuk mengurangi minyak berlebih di kulit wajah? Anda tidak harus pergi ke salon untuk melakukan perawatan ini, karena anda cukup meraciknya sendiri secara mudah di rumah. Untuk mendapatkan hasil terbaik, gunakan masker wajah diatas ketika akan tidur.

Cukup sekian tips 5 cara ampuh mengatasi kulit berminyak dengan cepat yang dapat kami sampaikan. Semoga dengan tips mudah ini kulit wajah anda menjadi kulit yang ideal. Jumpa lagi dikesempatan selanjutnya.

0 Response to "5 Cara Ampuh Mengatasi Kulit Berminyak Dengan Cepat"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel