-->

Tips Kesehatan Gigi untuk Kehidupan Sehari-hari

Tips kesehatan gigi sebenarnya mudah untuk dijalankan di rumah. Memiliki senyum yang menawan dan mulut yang sehat adalah impian setiap orang. Selain itu, menjaga kesehatan mulut dan gigi adalah kewajiban yang penting. Kebersihan dan kesehatan mulut yang buruk dapat menyebabkan banyak masalah pada gigi dan hal lain seperti masalah gusi, infeksi, kehilangan tulang, penyakit jantung, stroke, dan lain sebagainya.

Penting melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali untuk mencegah masalah-masalah di atas. Selain itu, mematuhi tips kesehatan gigi akan memberikan anda gigi yang sehat dan mulut yang bersih. Di bawah ini kami memiliki tips menarik untuk menjaga kesehatan gigi anda.

Tips Kesehatan Gigi

Tips Kesehatan Gigi

Menyggosok gigi dengan benar

Salah satu cara yang paling mudah untuk menjaga kesehatan mulut adalah membuat gigi tetap bersih. Ketika menggosok gigi, posisi sikat gigi sangat penting. Pastikan bulu sikat gigi menyentuh garis gusi dan permukaan gigi. Namun anda harus melakukannya dengan hati-hati dan lembut untuk menghidari perdarahan pada gusi. Jangan lupa untuk menggosok permukaan lidah dan langit-langit mulut untuk menghilangkan segala bakteri yang menyebabkan bau mulut.

Minimal menggosok gigi dua kali dalam sehari. Menggunakan mouthwash setelah sikat gigi akan memberikan hasil lebih baik juga karena membantu menjaga mulut bersih dari bakteri.

Flossing

Flossing membutuhkan waktu yang lama dan juga ketelatenan. Namun cara ini memang membantu membuat gigi tetap bersih dan menjangkau area yang tidak dapat dijangkau sikat gigi, seperti gap antar gigi. Melakukan flossing sekali sehari akan sangat membantu menjaga kebersihan gigi dan mulut anda.

Hindari tembakau

Tidak merokok tembakau akan menjadi jasa yang sangat berarti untuk gigi anda. Selain akan menghindarkan anda dari kanker mulut dan komplikasi periodontal, hidup anda juga semakin berkualitas karena tidak terpapar oleh zat lain yang mematikan yang biasanya digunakan untuk membuat rokok tembakau.

Selain itu, setelah merokok biasanya orang akan mengkonsumsi permen, kopi, atau teh untuk menyamarkan aroma asap rokok dan juga aroma tak sedap akibat merokok. Tentu saja hal ini akan menyebabkan kerusakan lebih parah pada gigi anda.

Batasi konsumsi soda, kopi, dan alkohol

Meski pun beberapa di antaranya mengandung fosfor berkadar tinggi yang penting untuk kesehatan mulut, terlalu banyak fosfor nyatanya dapat menguras habis kalsium yang ada di tubuh anda. Hal ini menyebabkan masalah kebersihan gigi serius seperti gigi yang tanggal dan penyakit pada gusi. Minuman yang mengandung bahan aditif seperti sirup jagung dan pewarna makanan dapat mengakibatkan gigi tampak kusam dan menguning.

Susu akan memberikan asupan kalsium dan membentuk enamel yang lebih kuat untuk gigi anda.

Konsumsi kalsium dan vitamin

Gigi anda membutuhkan banyak kalsium agar tetap kuat. Selain itu, kalsium juga dibutuhkan oleh tulang anda. Sangat disarankan untuk meminum susu, jus jeruk yang difortifikasi, dan memakan yogurt, keju, serta brokoli. Jika perlu, anda juga bisa mengkonsumsi suplemen yang mengandung kalsium.

Selain kalsium, tubuh anda memerlukan vitamin D untuk menjaga tulang dan gigi tetap kuat. Vitamin D juga berguna menjaga kesehatan gusi. Vitamin B kompleks juga penting untuk melindungi gigi dan gusi dari kerusakan serta perdarahan.

Zat lain yang diperlukan adalah potassium, zat besi, iodine, zinc, dan copper.

Melakukan lima hal di atas dapat membantu menjaga gigi anda. Jangan lupa mengunjungi dokter gigi 6 bulan sekali, berdasarkan tips kesehatan gigi.

0 Response to "Tips Kesehatan Gigi untuk Kehidupan Sehari-hari"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel