-->

Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Merah Sebagai Obat Herbal dan Kecantikan

Kami Suka Tampil Cantik - Banyak sekali khasiat dan manfaat daun sirih merah baik untuk kesehatan, kecantikan. Sirih merah atau bahasa gaulnya Piper crocatum, memang banyak sekali khasiatnya. Daun sirih, selain digunakan sebagai obat herbal juga sering digunakan dalam acara-acara kraton dan digunakan oleh para putri keraton untuk menghaluskan kulit.

Beberapa penelitian pernah dilakukan untuk menguji kandungan dari sirih merah ini. Didalamnya telah ditemukan beberapa kandungan flavonoid, polifenol, alkaloid, tannin, minyak atsirih, sapononin, allylprokatekol, karvokol, eugenol, p-cymene, cineole, coryofelen, kadimen, ekstragol, terpenana, dan propoda.

Senyawan flavoid dan polifenol yang terkandung dalam sirih merah berguna sebagai antioksidan, antiflamasi dan antidiabetic. Kemudain senyawa alkaloid sangat bagus untuk untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker didalam tubuh. Sebuah penelitian telah melakukan uji coba dengan mengambil air rebusan daun sirih merah dan kemudian diberikan pada tikus putih yang terkena diabetes sebagai percobaan. Didalam percobaan ini telah membuktikan bahwa penelitian yang dilakukan, daun sirih merah dapat menurunkan kadar gula pada tubuh tikus tersebut. Hal ini juga menunjukkan bahwa sirih merah dapat mengontrol gula darah dalam tubuh yang menderita diabetes mellitus.

Kandungan senyawa karvanol yang terkandung juga berkhasiat sebagai desinfektan dan anti jamur. Sehingga daun sirih merah sangat bagus untuk digunakan sebagai obat keputihan bagi wanita dan obat kumur. Sekarang juga sudah banyak produk-produk yang menggunakan bahan sirih dengan manfaat tersebut. Kemudian ada juga kandungan senyawa eugenol yang berfungsi sebagai analgesic atau pereda nyeri. Kemudian ada juga kandungan senyawa tannin yang bisa kita manfaatkan sebagai penyembuh sakit diare dan antiseptic pada luka.

Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Merah
Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Merah

Untuk mendapatkan manfaat dauh sirih merah ini ada 2 cara yang bisa anda lakukan. Yaitu pada saat daun masih segar atau sudah dikeringkan.

Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Merah

Pohon sirih merah merupakan tanaman yang merambat. Pohon ini sering ditanam orang untuk diambil khasitnya dan juga keindahan daunnya. Lalu apa saja khasiat dan manfaat daun sirih merah ini? Yuk mari langsung kita ulas saja dibawah ini:

1. Sebagai Obat Batuk

Cara mengambil khasiat daun sirih merah untuk obat batuk adalah dengan menyediakan empat lembar daun sirih, tiga lembar daun bidara upas dan madu asli secukupnya. Daun sirih merah diiris-iris dan kemudian direbus bersama daun bidara upas menggunakan 2 gelas air, rebus hingga air mendidih dan tunggu hingga dingin. Setelah dingin tambahkan dengan madu secukupnya. Gunakan ramuan ini sebagai obat kumur, saat mengkumur-kumur usahakan agar menjangkau daerah kerongkongan.

2. Mengurangi Produksi ASI

Produksi ASI yang berlebihan sangat tidak bagus. Untuk mengatasinya anda bisa memanfaatkan khasiat daun sirih merah ini. Caranya dengan mengambil empat lembar daun sirih kemudian olesi dengan minyak kelapa. Setelah itu, panggang daun sirih merah tadi diatas api tetapi jangan sampai terbakar dan hangus. Ketika masih dalam keadaan hangat, tempelkan daun sirih tadi di daerah payudara.

3. Sakit Jantung

Untuk mengambil manfaat daun sirih merah sebagai obat sakit jantung adalah dengan menyediakan bahan-bahan seperti tiga lembar daun sirih, tujuh pasang daun kemukus, tiga suing bawang merah dan satu sendok makan jintan putih. Tumbuklah semua bahan tersebut sampai halus, kemudian tambahkan dengan 5 sendok air panas dna biarkan beberapa menit. Peras dan saring bahan-bahan tadi hingga keluar airnya. Minumlah air ramuan tadi dua kali sehari. Usahakan untuk meminum ramuan ini secra teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Obat penyakit sifilis

Daun sirih merah juga dikatakan mampu mengobati penyakit sifilis. Caranya dengan menyiapkan 25-30 lembar daun sirih bersama dengan tangkainya, seperempat kilogram gula aren dan garam dapur secukupnya. Rebuslah semua bahan tersebut menggunakan 2 liter air dan tunggu hingga mendidih, kemudian saring. Minulah ramuan tersebut tiga kali sehari secara berterusan dan rutin.

5. Bronkhitis

Manfaat daun sirih merah bisa digunakan untuk mengobati sakit bronchitis. Caranya dengan menyediakan tujuh lembar daun sirih dan 1 potong gula batu. Rajang daun sirih merah tadi dan kemudian rebus menggunakan 2 gelas air, jangan lupa untuk mencampurkan gula batu tadi dan rebus secara bersamaan. Rebuslah hingga mendidih dan airnya berkurang hingga kira-kira 1 gelas. Diamkan dan kemudian disaring, minumlah ramuan ini tiga kali sehari dengan porsi 3 sendok makan saja.

6. Diare

Sakit diare adalah penyakit yang menyebabkan anda harus bolak-balik ke kamar mandi. Apabila anda mengalami sakit diare, anda bisa mencoba metode ini. Caranya dengan mengambil enam lembar daun sirih, 6 butir merica dan satu sendok makan minyak. Tumbuklah semua bahan tadi hingga halus, setelah halus oleskan pada perut anda.

Baca khasiat dan manfaat daun sirih merah selanjutnya di:
Itulah Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Merah Sebagai Obat Herbal dan Kecantikan. Jumpa lagi kita pada postingan tips kesehatan lainnya. Jangan lupa untuk KLIK Fanpage Kami Suka Tampil Cantik agar anda lebih mudah mendapatkan tips-tips kesehatan dan kecantikan dari blog kami.

0 Response to "Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Merah Sebagai Obat Herbal dan Kecantikan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel