-->

13 Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami Yang Wajib Kamu Tau !!

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami – Rambut merupakan mahkota paling penting bagi setiap wanita maupun pria. Sehingga berbagai perawatan untuk mendapatkan rambut yang cantik sering dilakukan. Penggunaan bahan kimia dan cara penanganan yang salah bisa mengakibatkan kerontokan pada rambut. Hal ini tentunya sangat menganggu penampilan anda dan membuat anda merasa kurang PeDe. Selain penyebab diatas, mungkin ada penyebab lain yang menjadi pemicu kerontokan rambut, misalnya karena tidak cocok dengan shampoo yang digunakan atau penyebab lainnya adalah stress yang berkepanjangan.

Jika kerontokan rambut tidak segera di atasi, hal terburuk adalah dapat menyebabkan kebotakan. Tentunya anda tidak menginginkan hal itu bukan? Beberapa orang juga sering mengeluhkan sulitnya menangani kerontokan rambut ini. Anggapan ini sebenarnya salah, setiap ada masalah pasti ada solusi dan jalan keluarnya. Maka di kesempatan kali ini blog tips kecantikan dan kesehatan akan mecoba berbagi cara mengatasi rambut rontok secara alami. Maka dari itu, silahkan menyimak bahan-bahan alami dibawah ini. 

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

1. Menggunakan Bayam dan Kunyit

Sayur bayam ternyata bisa mengobati kerontokan rambut. Cara menggunakannya adalah dengan memblender satu ikat bayam, kemudian peras dan ambil sarinya. Setelah itu, blender kunyit yang ditambah air secukupnya, peras dan ambil sarinya. Campurlan kedua sari dari bayam dan kunyit tadi menjadi satu wadah dan kemudian ditambahkan sedikit air hangat. Gunakan campuran ini untuk keramas, setelah itu bilas rambut menggunakan air bersih.

2. Menggunakan Urang Aring

Mungkin anda sudah tahu kalau urang aring bisa membantu mengatasi rambut rontok secara alami. Cara mengunakannya adalah dengan mengambil segenggam daun urang aring kemudian dicuci bersih. Remas daun urang aring dan rendamlah kedalam air. Gunakan rendaman daun urang aring ini untuk keramas. Jika sudah selesai, kemudian dibilas menggunakan shampoo. Lakukan kegiatan ini secara rutin, minimal sekali dalam seminggu.

3. Menggunakan Kemiri 

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami
Cara mengatasi rambut rontok secara alami yang paling banyak dilakukan orang adalah dengan menggunakan kemiri. Kemiri merupakan rempah dapur yang bisa digunakan untuk mengobati kerontokan rambut. Cara menggunakannya adalah dengan mengambil 10 bji kemiri, kemudian di sangrai. Lalu tumbuklah hingga halus. Bungkus bubuk biji kemiri tadi dengan kain katun, lalu peras hingga minyaknya keluar. Gosokkan kain yang berisi bubuk kemiri tadi pada kulit rambut secara menyeluruh lalu diamkan. Setalah kira-kira satu jam, keramasi rambut anda hingga bersih. Lakukan ritual ini seminggu 3 kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Menggunakan Shampo Lidah Buaya

Lidah buaya sangat bagus untuk rambut. Kadungan aloevera pada lidah buaya dapat membuat rambut menjadi lebih sehat dan kuat, sehingga rambut anda tidak mudah rontok. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal gunakan shampoo lidah buaya secara teratur agar kulit dan rambut anda tetap sehat.

5. Mengguanakan Bawang

Cara mengatasi rambut rontok secara alami bisa juga menggunakan bawang. Bumbu dapur ini bisa mengobati kerontokan rambut secara ampuh. Caranya dengan memblender bawang lalu oleskan pada kulit kepala anda, setelah beberapa saat basuhlah menggunakan air hangat dan air bersih.

6. Menggunakan Jahe

Rempah jahe ternyata dapat kita manfaatkan untuk mengatasi kerontokan rambut. Cara menggunakan jahe ini hampir sama ketika menggunakan bawang putih. Anda juga bisa mengkombinasikan kedua bahan ini dan kemudian dicampur dalam satu blender. Setelah kedua bahan benar-benar sudah halus, oleskan pada rambut dan diamkan sekitar 20 hingga 30 menit. Bilas menggunakan air dingin.

7. Menggunakan Teh Hijau 

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami
Teh hijau selain sangat bagus untuk kesehatan kulit ternyata juga memiliki khasiat untuk mengurasi dan mengatasi rambut rontok. Selain itu, teh hijau juga mampu meningkatkan pertumbuhan rambut. Hal ini dikarenakan teh hijau mengandung antioksidan yang tinggi. Cara memanfaatkan teh hijau ini adalah cukup dengan menyeduh 2 kantung teh hijau menggunakan air hangat. Setelah itu, balurkan seduhan teh hijau tadi ke rambut dan kulit kepala yang rontok. Setelah selesai, diamkan selama 1 jam, lalu bilas menggunakan air bersih. 

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

8. Menggunakan Yoghurt

Selain bagus untuk pencernanan dan regenerasi kulit, yoghurt juga dapat berguna untuk mengatasi rambut rontok. Cara mengunakannya yoghurt ini sangat mudah, yakni cukup dengan mengoleskannya saja pada rambut seperti halnya melakukan creambath. Diamkan beberapa menit lalu bilas menggunakan air bersih.

9. Menggunakan Santan

Santan merupakan hasil perasan dari buah kelapa. Selian dapat dibuat santan, kelapa juga bisa dibuat menjadi minyak kelapa yang sangat bagus untuk rambut. Cara membuat santan ini sangat mudah, yakni cukup dengan menyediakan parutan kelapa dan air secukupnya. Campurkan kedua bahan tersebut kemudian peras parutan kelapa tadi untuk diambil airnya. Didihkan santan selama kurang lebih 5 menit, kemudian saring. Diamkan hingga suhunya menjadi normal, setelah itu gunakan rebusan santan tadi untuk keramas. Diamkan selama kurang lebih 20 menit, lalu bilas hingga bersih.

10. Minyak Lavender

Minyak Lavender dipercaya mampu membantu mengatasi kerontokan rambut. Cara menggunakan minyak lavender ini sangat mudah, yakni cukup menuagkan minyak pada permukaan rambut setelah itu dipijat selama kurang lebih 15 menit. Cara ini bisa di lakukan secara rutin 2 minggu sekali.

11. Menggunakan Buah Alpukat 

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami
Buah alpukat dikenal memiliki kandungan protein yang sangat bagus untuk pekembangan dan pertumbuhan rambut. Maka tidak heran jika buah alpujat juga sering digunakan untuk creambath di salon. Cara menggunakan buah alpukat ini juga sangat mudah, yakni cukup dengan mengambil daging alpukat lalu dihancurkan. Aduk hingga kental atau menjadi pasta. Usapkan alpukat tadi ke seluruh rambut dari akat hingga ujung rambut. Diamkan hingga 30 – 1 jam. Setelah itu bilas menggunaka air bersih.

12. Protein

Protein merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh rambut. Maka untuk mengatasi rambut rontok, anda perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi dalam jumlah yang cukup. Antara makanan yang mengandung protein tinggi diantaranya, ikan atau bisa mengkonsumsi protein shake.

13. Vitamin B12

Selain protein, nutrisi lain yang diperlukan rambut adalah vitamin B12. Vitamin B12 mampu menjaga sel-sel pada rambut dan membuat kulit menjadi lebih sehat. Vitami B12 juga sangat membantu tubuh dalam membentuk sel darah merah yang berfungsi untuk mengikat oksigen dan menyalurkannya ke seluruh tubuh. Sehingga mengkonsumsi vitamin B12 ini selain dapat menyuburkan rambut, juga sangat membantu tubuh untuk menjadi tubuh yang lebih sehat. Antara makanan yang mengandung vitamin B12 ini adalah daging, telur, susu, ayam dan lain sebagainya.

Itulah 13 cara mengatasi rambut rontok secara alami yang wajib kamu tahu. Pilihlah salah satu tips diatas untuk dilakukan secara rutin. Tips lain setelah mengamalkan tips diatas adalah jangan sesekali menyisir rambut ketika rambut masih dalam keadaan basah. Hal ini sangat beresiko untuk membuat rambut patah semakin tinggi. Selain itu gunakan sisir yang memiliki gigi jarang untuk meminimalisir resiko kerontokan rambut yang berlebih.

0 Response to "13 Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami Yang Wajib Kamu Tau !!"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel